Strategi dan Perencanaan Pengembangan Keagamaan Pada Anak Usia Dini

  A.       Strategi Pengembangan Keagamaan Pada PAUD 1.        Menanamkan Rasa Cinta Kepada Allah SWT Diantara cara membimbing anak menuju akidah yang benar adalah dengan mendidik mereka untuk mencintai Allah. Pendidikan ini harus diberikan sejak   ini. Pada saat tersebut, mulailah mereka diperkenalkan kepada makhluk-makhluk Allah (manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan) yang terdekat disekitar mereka.   Selain itu, juga perlu diupayakan adanya keterikatan antara mereka dengan yang   telah menciptakannya, pemilik keagungan, pemberi nikmat, dan maha dermawan.   Dengan bentuk seperti ini anak pasti akan mencintai Allah (Rajih, 2008: 87-88) Rasa cinta kepada Allah beserta seluruh ciptaannya dapat diperkenalkan pada anak usia dini melalui pembelajaran saintifik. Pembelajaran saintifik tersebut akan mengenalkan akan pada makhluk ciptaan Allah sekaligus mengenalkan anak untuk mencintai ilmu pengetahuan dengan proses mengamati. Menciptakan rasa cinta kepada Allah juga diikuti oleh men

Format RPP yang bagus

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            :     Aqidah Akhlak
Satuan Pendidikan      :     MTsN Jatimulyo
Kelas/ Semester           :     IX / Gasal
Pertemuan Ke             :     II
Alokasi                        :     ( 2 x 30 Menit)
1.      Standar kompetensi
a.      Menerapkan Akhlak Terpuji Kepada Diri Sendiri

2.      Kompetensi Dasar
a.      Menjelaskan pengertian dan pentingnya berilmu dan bekerja keras.
b.      Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh berilmu dan bekerja keras.
c.       Menunjukan nilai-nilai positif dari berilmu dan bekerja keras.
d.      Membiasakan perilaku berilmu dan bekerja keras.

3.      Indikator
a.      Siswa mampu memahami tentang berilmu dan bekerja keras.
b.      Menjelaskan pengertian dari berilmu dan bekerja keras.
c.       Menyebutkan contoh-contoh berilmu dan bekerja keras.
d.      Siswa dapat membedakan macam-macam dari contoh berilmu dan bekerja keras.
e.      Siswa dapat menerapkan contoh-contoh berilmu dan bekerja keras  kehidupan sehari-hari.

4.      Tujuan Pembelajaran
Setelah memeplajari materi Menerapkan Akhlak Terpuji Kepada Diri Sendiri diharapkan:
a.       Siswa mampu memahami tentang berilmu dan bekerja keras.
b.      Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh berilmu dan bekerja keras.
c.       Menunjukan nilai-nilai positif dari berilmu dan bekerja keras.
d.      Membiasakan perilaku berilmu dan bekerja keras dalam kegiatan sehari-hari.

5.      Materi Pembelajaran      
Ilmu menurut bahasa artinya pengetahuan atau kepandaian. Sedangkan berilmu artinya memiliki pengetahuan atau kepandaian. Orang yang berilmu adalah orang yang memiliki pengetahuan dan kepandaian. Ayat Al Quran tentang perintah menuntut ilmu:




1.  Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan,
2.  Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
3.  Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah,
4.  Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam[1589],
5.  Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.
Ciri-ciri orang yang berilmu:
a.       Rendah hati, ibarat tanaman padi, kian berisi kian merunduk.
b.      Setiap melakukan pekerjaan selalu diperhitungkan baik buruknya atau untung ruginya.
c.       Menghargai orang lain.
d.      Menghargai waktu.
e.       Gemar membaca dan suka mencari informasi.
f.       Bekerja dengan rencana program jelas.
g.      Tidak suka berbicara tentang sesuatu tang tidak ada gunanya.
h.      Tidak mengerjakan sesuatu yang tidak bermanfaat.
i.        Suka berbagi informasi.
j.        Suka memberikan ilmu yang ia miliki atau mengajarkannya kepada orang lain.
Kerja keras adalah melakukan sesuatu dengan semangat atau tekad yang tinggi.
Ciri-ciri orang yang memiliki sikap kerja keras.
Orrang yang memiliki sikap bekerja keras dapat diketahui dari sikap dan perilakunya antara lain sbb:
a.       Semangat bekerja yang tak penah padam.
b.      Berprinsip bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok atau harus lebih baik dari hari ini.
c.       Menerima kegagalan sebagai pelajaran untuk memperbaiki kesalahan.
d.   Optimis dalam memandang berbagai permasalahan, bahwa permasalahan bukan untuk dihindari, tetapi untuk dihadapi dan diselesaikan.
e.       Terbuka terhadap kritik, saran dan nasihat dari orang lain.
f.        Suka mengambil pelajaran atas keberhasilan dari orang lain.
g.  Bersyukur atas keberhasilan yang diperolehnya, dan bersabar atas kegagalan yang dialaminya.

6.      Metode Pengajaran            : Ceramah, Everyone Is Teacher Here, Interactive lecturing, dan Resitasi. Langkah Pembelajaran :


No
Kegiatan
Waktu
Metode
1








2






















3
Intro / Pendahuluan.
a. Guru bersama-sama siswa memulai pelajaran dengan membaca basamalah.
b.     Guru  menunjukkan kompetensi dasar yang akan dicapai setelah proses pembelajaran.
c.    Guru menulis pokok bahasan pada papan tulis.

Kegiatan Inti.
a.  Guru memberikan pengertian materi yang telah diajarkan.
b. Guru menjelaskan materi yang diajarkan, kemudian guru membagi kertas kosong kepada siswa.
c.      Guru menyuruh siswa untuk membuat satu pertanyaan.
d.     setelah pertanyaan selesai dibuat oleh siswa, guru megumpulkanya pertanyaan tersebut.
e.      Kemudian guru menukarkan dengan pertanyaan teman lainya untuk difikirkan jawabanya.
f.      setelah mengetahui jawabanya guru menanyakan siapa  yang ingin mencoba membacakan pertanyaan dan mencoba menjawabnya, setelah itu guru menegaskan kembali jawaban dari pertanyaan yang dibahas.
g.   Guru menyimpulkan materi dan menutup pelajaran dengan berdoa bersama

Penutup.
a. Beberapa siswa diminta untuk menjelaskan kembali pelajaran yang telah diajarkan.
b.     Guru menyimpulkan materi pelajaran.

2 menit

2 menit


1 menit



10 menit

15 menit


15 menit

7 menit


8 menit


5 menit





5 menit



7 menit


3 menit

Lecturing

Lecturing

Elisaitasi

Interactive
Lecturing

Everyone Is Teacher Here




















Resitasi


Lecturing
                                                   Jumlah
90 menit

7.      Penilaian
Aspek
Indikator
Contoh Instrumen
Jenis Tes
Bentuk Tes
Skor
Kognitif
A
1.   jelaskan pengertian berilmu dan bekerja keras?
2.   Sebutkan Ayat Al Quran yang menjelaskan tentang perintah menuntut ilmu?
3.   Sebutkan Ciri-ciri orang yang berilmu?
4.   Sebutkan Ciri-ciri orang yang memiliki sikap kerja keras?
Tes Verbal
Essay
30
Afektif
B
Keaktifan siswa dalam KBM dan partisipasi dlam kelas.
Non-tes
Lembar Pengamatan
30
Psikomotor
C
Keaktifan siswa
Non tes
Lembar pengamatan
40

Kunci Jawaban
Ilmu menurut bahasa artinya pengetahuan atau kepandaian. Sedangkan berilmu artinya memiliki pengetahuan atau kepandaian. Orang yang berilmu adalah orang yang memiliki pengetahuan dan kepandaian.
Ayat Al Quran tentang perintah menuntut ilmu:

اقْرَØ£ْ بِاسْÙ…ِ رَبِّÙƒَ الَّØ°ِÙŠ Ø®َÙ„َÙ‚َ (1) Ø®َÙ„َÙ‚َ الْØ¥ِÙ†ْسَانَ Ù…ِÙ†ْ عَÙ„َÙ‚ٍ (2) اقْرَØ£ْ ÙˆَرَبُّÙƒَ الْØ£َÙƒْرَÙ…ُ (3) الَّØ°ِÙŠ عَÙ„َّÙ…َ بِالْÙ‚َÙ„َÙ…ِ (4) عَÙ„َّÙ…َ الْØ¥ِÙ†ْسَانَ Ù…َا Ù„َÙ…ْ ÙŠَعْÙ„َÙ…ْ (5)
a.       Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan,
b.      Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
c.       Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah,
d.      Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam[1589],
e.       Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.
Ciri-ciri orang yang berilmu:
a.       Rendah hati, ibarat tanaman padi, kian berisi kian merunduk.
b.      Setiap melakukan pekerjaan selalu diperhitungkan baik buruknya atau untung ruginya.
c.       Menghargai orang lain.
d.      Menghargai waktu.
e.       Gemar membaca dan suka mencari informasi.
f.       Bekerja dengan rencana program jelas.
g.      Tidak suka berbicara tentang sesuatu tang tidak ada gunanya.
h.      Tidak mengerjakan sesuatu yang tidak bermanfaat.
i.        Suka berbagi informasi.
j.        Suka memberikan ilmu yang ia miliki atau mengajarkannya kepada orang lain.

Kerja keras adalah melakukan sesuatu dengan semangat atau tekad yang tinggi.
Ciri-ciri orang yang memiliki sikap kerja keras.
Orrang yang memiliki sikap bekerja keras dapat diketahui dari sikap dan perilakunya antara lain sbb:
a.       Semangat bekerja yang tak penah padam.
b.      Berprinsip bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok atau harus lebih baik dari hari ini.
c.       Menerima kegagalan sebagai pelajaran untuk memperbaiki kesalahan.
d.  Optimis dalam memandang berbagai permasalahan, bahwa permasalahan bukan untuk dihindari, tetapi untuk dihadapi dan diselesaikan.
e.       Terbuka terhadap kritik, saran dan nasihat dari orang lain.
f.        Suka mengambil pelajaran atas keberhasilan dari orang lain.
g.  Bersyukur atas keberhasilan yang diperolehnya, dan bersabar atas kegagalan yang dialaminya.

8.      Alat : Spidol, White Board, kertas hvs,
9.      Sumber Belajar
Poetra Juma’ Darma, dkk. Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Pustaka   Insan Madani. 2007.
Drs , masam. Pendidikan agama islam, Aqidah Akhlak. Toha putra 2009.

Comments

Popular posts from this blog

ALIRAN NATIVISME, EMPIRISME DAN KONVERGENSI DALAM PERSPEKTIF ISLAM

ORGANISASI PENDIDIKAN : JENIS DAN STRATEGI PENGUATAN

IPTEK dan Seni Dalam Pandangan Islam